Minggu, 27 November 2011

Prestasi Belajar


Pengertian Prestasi Belajar
Menurut Winkel (1996:482) menyatakan bahwa prestasi adalah kemampuan-kemampuan yang dihasilkan karena usaha belajar. Kemampuan intelektual siswa sangat menentukan keberhasilan siswa dalam memperoleh prestasi. Untuk mengetahui berhasil tidaknya seseorang dalam belajar maka perlu dilakukan suatu evaluasi, tujuannya untuk mengetahui prestasi yang diperoleh siswa setelah proses belajar mengajar berlangsung. Adapun prestasi dapat di artikan hasil yang diperoleh karena adanya aktivitas belajar yang telah dilakukan.
Fungsi Prestasi Belajar
Menutut Arifin (2009:12) fungsi utama dari prestasi belajar yaitu:
1.   Prestasi belajar sebagai lambang pemuasan hasrat ingin tahu. Hal ini didasarkan atas asumsi bahwa para ahli psikologi biasanya menyebut hal ini sebagai tendensi keingintahuan (Couriosity) dan merupakan kebutuhan umum pada manusia, termasuk kegiatan anak didik dalam suatu program pendidikan.
2.   Prestasi belajar sebagai indikator kualitas dan kuantitas pengetahuan yang telah dikuasai siswa.
3.  Prestasi belajar sebagai bahan informasi dalam inovasi pendidikan. Asumsinya adalah bahwa prestasi belajar dapat dijadikan pendorog bagi anak didik dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan berperan sebagai umpan balik (feed back) dalam meningkatkan mutu pendidikan.
4.  Prestasi belajar sebagai Indikator Intern dan Ekstern dari suatu institusi pendidikan. Indikator intern dalam arti bahwa prestasi belajar dapat dijadikan indikator tingkat produktifitas suatu institusi pendidikan. Asumsinya adalah bahwa kurikulum yang digunakan relevan dengan kebutuhan masyarakat dan anak didik. Indikator ekstern dalam arti bahwa tinggi rendahnya prestasi belajar dapat dijadikan indikator tingkat kecerdasan anak didik di masyarakat. Asumsinya adalah bahwa kurikulum yang digunakan relevan pula dengan kebutuhan pembangunan masyarakat.
5.   Prestasi belajar dapat dijadikan indikator terhadap daya serap (kecerdasan) anak didik. Dalam proses belajar mengajar anak didik merupakan masalah yang utama, karena anak didiklah yang diharapkan dapat menyerap seluruh materi pelajaran yang telah diprogramkan dalam kurikulum.

Definition of Learning Achievement
According to Winkel (1996:482) states that the achievement is the capabilities resulting from the effort to learn. Students' intellectual abilities largely determine the success of students in gaining achievements. To determine the success or failure of a person in learning it is necessary to an evaluation, the aim to determine student achievement obtained after the learning process takes place. The achievements can interpret the results obtained because of the learning activities that have been done.
Learning Achievement Function
Demand Arifin (2009:12) the main function of learning achievement are:
1. Learning achievement as a symbol satisfying curiosity. This is based on the assumption that psychologists usually call this a curious tendency (Couriosity) and is a common requirement in humans, including the activities of students in an educational program.
2. Learning achievement as an indicator of the quality and quantity of knowledge that students have mastered.
3. Learning achievement as material information in educational innovation. The assumption is that learning can be pendorog achievement for students in improving science and technology, and serves as a feedback (feed back) in improving the quality of education.
4. Learning achievement as Internal and External Indicators of an educational institution. Internal indicator in the sense that the learning achievements can be used as an indicator of the productivity of an educational institution. The assumption is that the curriculum being used is relevant to the needs of the community and students. External indicator in the sense that the high and low learning achievement can be used as indicators of level of intelligence of the students in the community. The assumption is that the curriculum being used is also relevant to the needs of community development.
5. Learning achievements may be used as an indicator of absorptive capacity (intelligence) protégé. In teaching and learning of students is a major problem, because children are expected to educate all of the material can absorb the lessons that have been programmed in the curriculum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar