Kamis, 05 Mei 2011

PEMBELAJARAN IPS DENGAN MEDIA PETA

PEMBELAJARAN IPS DENGAN MEDIA PETA

Penggunaan peta sekaligus sebagai media dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, sangat efektif diterapkan di sekolah dasar, pembelajaran menjadi lebih bermakna. Dengan mengggunakan peta, proses pembelajaran  berkembang ke arah keterlibatan siswa secara aktif. Dalam hal ini pemanfaatan peta sebagai media pembelajaran pada pengetahuan Sosial, melalui kegiatan yang berkesinambungan dapat terbina peta mental dalam diri siswa yang sangat bermakna bagi kehidupan mereka.
Keunngulan penerapan pembelajaran dengan menggunakan media peta di sekolah dasar, dapat membantu siswa memahami konsep-konsep yang abstrak menjadi lebih konkrit sebab siswa memiliki peluang untuk belajar dengan cara mendekatkan, mengakrabkan pengalaman belajar di kelas dengan pengalaman belajar keseharian.
Salah satu indikator keberhasilan pembelajaran pengetahuan sosial di sekolah dasar banyak ditentukan oleh faktor guru dalam mengembangkan strategi secara beragam. Pembelajaran IPS dengan menggunakan peta   memiliki berbagai potensi kebermaknaan yang berkenaan dengan tujuan pada aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan sebagaimana yang diharapkan dalam tujuan pembelajaran IPS di SD.
Penggunaan media peta dalam pembelajaran IPS di sekolah, dapat membantu dan meningkatkan kinerja guru di lapangan sehingga hasilnya mengalami peningkatan.  Dari uraian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa:
  1. pembelajaran dengan menggunakan media peta mampu menciptakan lingkungan belajar dan strategi yang membangkitkan keterlibatan siswa secara fisik, mental dan emosional sehingga hasil pembelajaran lebih bermakna bagi peserta didik.
  2. Media peta mampu meningkatkan peran serta siswa secara aktif dalam proses pembelajaran yang hasilnya menjadi lebih bermakna.
  3. Penggunaan media peta dalam pembelaran IPS di sekolah dasar dapat membantu dan meningkatkan kebermaknaan proses pembelajaran, sehingga siswa dapat memahami karakteristik lingkungan setempat. Media peta sebagai alat pembelajaran dapat membantu guru dan siswa dalam pembelajaran IPS sehingga mempermudah materi yang sedang dipelajari dari yang abstrak menjadi konkrit.
  4. Penggunaan media peta dalam pembelaran IPS di sekolah dasar dapat membantu dan meningkatkan kenerja guru di lapangan, sehingga hasilnya mengalami peningkatan.
  5. Penggunaan media peta dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar dapat meningkatkan minat dan perhatian siswa, sehingga memupuk kesenangan peserta didik dalam mengikuti pelajaran.
  6. Strategi pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan media peta memungkinkan peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap tidak verbalisme pada diri peserta didik.
  7. Pembelajaran dengan memanfaatkan media peta dapat memunculkan variasi metode seperti: cermah bervariasi, Tanya jawab, pengamatan/observasi, diskusi kelompok. Sehingga proses pembelajaran pembelajaran menjadi menarik, menyenangkan dan efektif.
  8. Penggunaan media peta dalam pembelajaran dapat menciptakan suasana belajar yang membangkitkan semangat dan gairah belajar, sehingga dapat mendorong siswa berpikir kritis, kreatif dan inovatif.
  9. Memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar yang ditunjang media peta dapat memberikan peluang kepada siswa melakukan berbagai keterampilan seperti: mengamati, memprediksi, mengukur menggomunikasikan serta menyimpulkan tentang fenomena fisik maupun social dari suatuy wilayah.
  10. Pembelajaran dengan memanfaatkan media peta, dapat memunculkan variasi penilaian baik dalam proses maupun hasil dari seluruh potensi siswa yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar